Bagaimana Step by Step Mempromosikan Toko Online

1. seller menunjukan barang jualannya ke netizen, maka untuk menunjukkan produk jualan tsb , seller membuat katalog, berupa foto produk ,kode , harga, dan ketentuan tentang produk yg dijualnya.

2. setelah produk yg dijual ada dan siap di pasarkan , toko online membangun pondasi digitalnya.

  • website
  • acc instagram
  • fanpages facebook
  • marketplace
  • no hp , whatsapp, email, pin bb, serta line.
  • rekening bank yg sudah siap cek saldo online dan transfer online.
  • account youtube si toko online tadi.
  • website di rencanakan dengan matang, kontennya, artikelnya, about us, contact, faq, flow proses ordernya, live chatnya, dst.

Urusan website kelar, di website pastinya ada link acc sosmed diatas, maka tahapan selanjutnya adalah mengupdate harian / mingguan untuk acc insta, rajin upload dengan hashtag, pintar2 mencari follower, bukan bot,

Urusan insta beres, maka lanjutlah ke content dan setting fanpages , dengan bermodal likes pas2 an bukan account fanpages elite diatas 500.000 follower, calon toko online yg baru dibangun harus update konten fanlages agar terus di likes oleh netizen tanpa kita memintanya ubtuk nge likes. atau ngemis2 like.

berikutnya adalah mulai membuat account2 di marketplace , verifikasi.. sebagaimana kita tau ada toped, bukalapak, olx , kaskus, dll. tentunya konten dagangan kita harus pula di upload dan di isi disana.

3. nge handle customer
sudah jadi semua yg di no 2, selanjutnya order mulai datang , dari email, postingan2 update di fanpages, di insta mulai mendapat respon dari calon pelanggan (baru bakal calon pelanggan). beberapa mulai bertanya tentang barang yg anda jual, ada yang dari pm fanpages ada yg dari DM insta , bahkan ada yg comment dari foto produk, yang kalau di fb itu munculnya di notif, dan sangat mudah hilang dan tenggelam, seringkali anda juga harus menjelaskan sesuatu yg anda sudah tulis di keterangan.

beberapa customer perlu di followup apakah jadi pesan atau tidak, beberapa dari respon balik toko online misal dari status, atau dari comment netizen di foto bisa jadi membuahkan penjualan..

selain itu ingat pula whatsapp , bbm , sms yg masuk , bahkan dari email jg setiap ada komunikasi yg masuk di situlah peluang kesempatan adanya penjualan bisa saja terjadi.

tanya jawab customer dengan cs yg tak berkesudahan, muncul yg baru lagi, lalu muncul10 , 10 selesai muncul 20 semua harus di respon dengan emosi yg positif, ramah , cepat dan tepat.

4. proses order
proses order setelah transaksi terjadi harus cepat dan tepat, dan ada kesan yg baik dalam packing pengiriman, krn brand toko online cukup dipertaruhkan di setiap pengiriman ke pihak kurir. memastikan agar bentuk paket tidak rusak, karena tergencet2 di ekspedisi.

cek mutasi transfer, minta alamat, lalu approve order as paid. ambil barangnya, sortir, lalu packing , dan tempel alamat yg sudah di print.

sore hari biasanya para kurir ekspedisi sudah siap di depan kantor dan menjemput paket yg siap kirim.

5. shipped!
wait n pray , semoga tidak terjadi sesuatu yang buruk , paket nyasar, rusak, delay gila gilaan, buyer tidak ada di rumah pada saat pengantaran . dsb.

PS: Tulisan ini di dapatkan dari Facebook. Admin masih tidak bisa mengingat sumbernya. Apabila ada yang mengetahui mohon sekiranya bisa kontak admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *