3 Fase Dasar Facebook Ads

Belakangan ini banyak yang curhat. semoga tulisan ini bisa menjawab curhatan2 itu. Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan ‘tukang iklan’ menggunakan fb ads, berharap untung saat iklan di launch, dan ketika iklan tsb rugi, langsung down dan merasa dirinya sedang berada di titik terendah dalam hidup. #ROTFL

Padahal 3 fase iklan yang paling dasar adalah :

Launching –> Optimizing –> Scaling

Bayangkan kita memancing ikan di lautan yang sama sekali kita tidak kenal, maka yang terjadi adalah:

  1. Kita tidak tahu jenis ikannya apa saja (age range, gender, demography)
  2. Kita tidak tahu mereka menyukai makanan seperti apa (product offer/angle)
  3. Kita tidak tahu dimana keberadaan mereka (interest/geo)

Oke, sekarang aplikasikan dalam Facebook ads. Bagaimana caranya agar iklan berhasil? (Saya gunakan kata berhasil karena iklan tidak melulu tentang sales. Goalnya banyak selain sales)

TAHAP LAUNCHING

Pasang aneka umpan dan sebar ke berbagai spot. Gunanya untuk mencari tahu keberadaan ikan dan jenis umpan apa yang mereka sukai. (product offering and interest targeting. SPLIT TEST!) Tahap ini RUGI UMPAN RUGI WAKTU 100%. Untungnya di DATA. Yang memancing hanya di 1 spot, menggunakan umpan hanya 1 macam, biasanya kerjaannya cuman berharap dan berdoa biar dapet ikan.

Are u a gambler, or an advertiser?

TAHAP OPTIMASI

Di tahap ini, kita sudah sedikit lebih tahu jenis umpan apa (product/angle) yang banyak diminati ikan-ikan dan spot mana (interest/geo) yang banyak ikannya. Tarik kail yang tidak dimakan ikan (kill Adset) dan lemparkan semua ke spot yang ramai ikan menggunakan jenis umpan yang disukai ikan (winning offer). Tunggu hingga ROI positif dan move to next phase.

TAHAP SCALING

PANTANGAN : scale up sebelum ROI positif. Ibarat belum tau umpan mana yang bagus, spot mana yang ramai ikannya, sudah habiskan semua umpan, di spot yang SALAH lagi. belum untung sudah buntung duluan.

2 Metode Scale Up:

1. Vertikal : gedein umpannya (naikin budget)

2. Horizontal : misalkan winning spotnya itu berkarang atau mungkin di bawah kapal kita, maka tebar lebih banyak jenis umpan yang sama di spot yang sejenis tapi beda spot (similar audience)

Fase ini adalah fase panen.

Tips:

  • Jangan terburu-buru untuk menarik pancingan (matikan adset), Facebook butuh waktu untuk mengoptimasi. Memancing butuh kesabaran, sama halnya beriklan.
  • Sertakan logika (strategi) jangan cuma otot (budget) kalau tidak mau donasi ke om Mark.
  • Do your homework! (researching trend, offer, angle, market)
  • Gunakan mindset investasi dahulu, panen kemudian. Jadi jangan heran kalau mastah-mastah yang main di market luar rela menggelotorkan budget yang besar hanya untuk memperoleh data. Memang begitu adanya karena final objective adalah conversion dan optimasi conversion butuh data yang matang.
  • In God we trust. In Facebook? TRUST DATA!

Tutorial By Aaron Blenda

Link https://www.facebook.com/notes/aaron-blenda/3-fase-dasar-facebook-ads-analogi-memancing-di-tengah-lautan-antah-berantah/306796766340977/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *