Scale Up Horizontal dan Vertical Untuk Facebook Ads

Di Dunia DIGITAL MARKETING itu banyak banget istilah yg kurang dimengerti orang yg masih awam..

? Contoh itu SCALE UP , artinya apaan sih? skala naik? apa pula itu maksudnya??

Scale up itu sendiri terbagi 2, ada scale up horizontal, ada lagi scale up vertical.

ANALOGI Sederhananya gini:

kamu cowo lagi PDKT sama cewe..

? Scale up horizontal itu :
Sudah berhasil deketin 1 cewe sampe klepek2 cewenya mau jadi pacar, nah cara yang sama ini dipake buat deketin 10 cewe lainnya

? Scale up Vertical itu :
Dari 10 cewe baru yg lagi dideketin, ternyata yang paling kamu suka itu cewe yg pertama, nah ini kan masih baru tahap jadi pacar.. PENGEN banget kamu jadiin istri.. nikahin gitu lah ultimate goal-nya.. ya udah deh, KHUSUS ke 1 cewe ini, gempur abis abisan, mulai dari PDKTnya makin maximal, biasa ajak makan di pecel lele, sekarang ajak ngafe di starbuck. Biasa kasih perhatian seperlunya, sekarang kasih perhatian semaximal mungkin!

—————————–

BEGITU JUGA halnya dengan iklan:

? SCALE UP HORIZONTAL itu:

kita udah dapet iklan yang ternyata berhasil memberikan profit setelah dikurangi cost untuk iklan (istilahnya WINNING CAMPAIGN) Nah

1. Kita bisa bikin iklan yang sama ke audience yg berbeda yang masih 1 niche dengan produk kita, misalnya jualan sepatu olahraga, tadinya kita targeting audience yg suka sama sepatu adidas, sekarang kita targeting audience yg suka sama sepatu nike.

2. Kita bisa maksimumin potensial dari audience si iklan yg udah winning tadi, oh ini audiencenya terbukti nih suka sama produk yg saya tawarkan. ya udah tiap kali ada model/varian baru, lempar lagi ke audience yang sama.

? SCALE UP VERTICAL simplenya sih maksudnya itu naikin budget:

Jadi di iklan yg udah winning dengan budget iklan cuma 100rb/hari , kita naikin budgetnya jadi 1 juta/hari, dan target potensial audiencenya kita bikin 2 hingga 3 kali lipat dari jumlah audience yg pertama (bisa dari hasil Look Alike Audience)

UDAH SIH, sesimple itu, tinggal prakteknya aja yang bikin ngebul wakakakaka ?

——————————–

Kalau saya sendiri gimana? Saya lebih suka menggunakan sistem Scale Up Horizontal.

jadi ibaratnya saya punya budget iklan 1 juta/hari, ketimbang saya tumplekin ke 1 iklan yg winning tadi,

iklan yg winning misalnya budget saya cuma 100rb/hari, palingan saya naikin aja jadi 300rb/hari. Namun tidak menutup kemungkinan saya bisa tumplekin lebih gila lagi, kalau ternyata dengan 300rb/hari, profitnya makin bagus.

tapi 700ribu sisanya saya bikin lagi iklan iklan serupa dengan split test bedain audience, bedain angle iklannya, atau foto produknya saya ganti, meskipun tetep sejenis. Atau as simple as cuma ganti objective, misal dari PPE, saya ganti jadi reach, atau brand awareness.

Yang pasti dalam scale up horizontal, pasti tetep ada benang merah-nya, entah itu foto iklannya yg masih sama, atau audiencenya yg sama, atau copywritingnya (promo/offeringnya) yg sama

Semoga mudah dipahami ya dengan gaya bahasa saya soal Scale Up

Cheers,
Christina Lie
101Red.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *